Senin, 31 Mei 2010

Belajar Mencintai Alam di Kampoeng Awan

Kawasan Mega Mendung, sebuah kawasan dengan udara dingin menyejukkan dan pemandangan alam yang indah, terletak di daerah Puncak, Jawa Barat. Daerah ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata favorit untuk melepaskan kepenatan rutinitas sehari-hari bagi penduduk kota Jakarta. Namun tidak banyak orang mengetahui bahwa di kawasan ini terdapat sebuah area perkemahan yang menawarkan kegiatan liburan menarik penuh makna dan tak terlupakan. Kampoeng Awan, nama area perkemahan tersebut, terletak di desa Sirnagalih Cipendawa dan nama unik tersebut diambil bukan tanpa makna, sebab dengan lokasi yang terletak di atas bukit, seringkali kabut tebal turun menutupi sebagian besar area perkemahan sehingga pada saat itu pengunjung seperti berada di tengah awan dan seakan-akan dapat menyentuhnya.
Perkemahan dengan konsep pendidikan dan petualangan ini selain menawarkan pengalaman berkemah di alam terbuka, memberikan beberapa alternatif kegiatan menarik yang dapat dilakukan. Salah satu contohnya kegiatan untuk memulai pagi hari dengan berjalan menembus kawasan hutan pinus yang eksotis untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Setelah matahari bergerak semakin tinggi, berkunjung ke tempat pembibitan jamur tiram merupakan kegiatan menarik berikutnya yang dapat dilakukan di sekitar perkemahan. Bangunan tempat pembibitan jamur tiram ini terletak tidak jauh dari perkemahan, dapat ditempuh berjalan kaki dengan jarak kurang lebih 100 m. Bangunan tersebut penuh sesak dengan rak-rak tempat meletakkan batangan kayu yang terbungkus plastik. Menurut penjelasan Pak Iboh, salah satu pekerja, media terbaik untuk mengembangbiakkan jamur tiram adalah kayu dan sebuah kantong bibit kayu mampu menghasilkan jamur tiram siap panen seberat 0.5 kg setelah periode satu bulan. Pada saat panen para pekerja akan memasarkan hasil jamur tiram tersebut ke pasar Gadok dengan harga jual per kg Rp.10.000. Sebagai informasi tambahan, sebuah kantong bibit mampu menghasilkan jamur tiram secara terus-menerus selama 3 bulan dan di dalam bangunan tersebut terdapat kurang lebih 40 ribu kantong bibit.



Setelah mendapatkan informasi menarik seputar pembibitan jamur tiram, salah satu tempat menarik lainnya yang patut dikunjungi adalah lokasi reservasi hutan dan pengembangan tanaman organik yang dilakukan oleh Kelompok Tani Mega Mendung. Tindakan penghijauan pertama kali dilakukan pada tahun 2001 dengan kondisi area sangat parah, dimana tidak ada kehadiran cacing di dalam tanah dan ph tanah mencapai angka 2,5. Kelompok Tani Mega Mendung melakukan penghijauan menggunakan tanaman keras dan tanaman organik dengan sistem tumpang sari. Dengan hasil kerja keras mereka selama 5 tahun, diperoleh hasil panen tanaman organik yang berlimpah dan ditemukan sumber mata air baru disebabkan oleh kehadiran akar tanaman yang dapat menyimpan air hujan, dengan total luas area menjadi 12 hektar. Tindakan reservasi ini patut diberikan apresiasi mendalam karena penghijauan ini dilakukan di daerah Mega Mendung dengan angka pembangunan villa dan rumah tinggal yang selalu meningkat dari tahun ke tahun.



Selain dapat menimba banyak informasi menarik mengenai alam dan penghijaunnya, terdapat lokasi wisata alam yang indah di sekitar Mega Mendung, sebuah air terjun bernama curug panjang. Air terjun ini selalu dapat menarik perhatian sejumlah fotografer untuk mengabadikannya dan merupakan salah satu lokasi favorit keluarga untuk menghabiskan akhir pekan dengan bermain air. Kawasan lokasi wisata alam ini pun semakin bermakna bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya karena mampu menggerakkan perekonomian daerah dan membuka lapangan pekerjaan karena banyaknya wisatawan dari daerah lain yang berkunjung ke sini.
Dengan adanya area perkemahan di kawasan Mega Mendung dengan konsep pendidikan dan petualangan, kita dapat belajar untuk mencintai alam dan turut serta berperan aktif menjaga kelestarian alam demi kesejahteraan anak cucu angkatan berikutnya. Sehingga selain dapat menikmati akhir pekan di tengah keindahan alam yang mengangumkan dan udara bersih yang menyehatkan pernapasan, kegiatan berkemah ini mampu memberikan nilai tambah positif dengan banyaknya informasi menarik yang dapat membangun kesadaran kita untuk lebih mencintai alam.

Tidak ada komentar: