Entry Populer

Kamis, 25 September 2008

Back to Nature

Obyek foto seorang anak perempuan dan seekor kerbau yang sedang menjulurkan lidahnya ini saya temukan ketika sedang berjalan-jalan di Taman Buah Mekarsari-Jonggol.
Saya bukanlah seorang fotografer handal yang tahu mengenai data-data seperti: averture, lens, speed? focal length? waduh, istilah2 ini pun baru saja saya copy & paste dari foto hasil jepretan seorang teman di website Friendster. Maklum saja, menggeluti hobi photography harus mempunyai modal besar, karena banyak sekali pernak-pernik kamera yang harganya mahal, dan saya masih belum rela untuk membeli peralatan tersebut.
Pada saat diadakan lomba foto di kantor, saya memberanikan diri untuk ikut serta. Kamera digital yang saya miliki pun tidak terlalu canggih, yang penting bisa dipergunakan untuk merekam kegiatan anak Indonesia dalam keseharian, tema lomba foto tersebut.
Ketika saya melakukan hunting foto di taman buah Mekarsari, ternyata baru disadari bahwa pekerjaan seorang fotografer itu sangat melelahkan, karena tidak semua foto yang berhasil saya jepret bagus, baik kualitas gambar maupun obyeknya. Ada foto yang hanya memperlihatkan punggung seorang anak yang sedang bermain layangan, bahkan adapula foto yang hanya memperlihatkan tangan seorang anak yang sedang bermain sepeda. Come on, man? saya sudah mulai putus asa.
Namun, seketika itu pula saya melihat seekor kerbau yang sedang berdiri di dalam kubangan air. Seorang bapak membantu anak perempuannya duduk di atas punggung kerbau tersebut, sebuah pemandangan yang sangat menarik, maka saya pun mulai merekam gambar dengan kamera digital.klik....klik....Si bapak pun menoleh dengan heran dan sedikit curiga, mungkin dia berpikir bahwa saya punya niat jahat. Pak, saya sedang mengumpulkan foto kerbau, boleh ya saya foto anak bapak dan kerbau ini? kata saya. Si bapak hanya menganggukkan kepala dan saya pun kembali merekam gambar...klik...klik...klik...

Dan gambar terbaik yang dapat saya hasilkan adalah foto yang terpasang di atas tulisan ini. Walaupun saya hanyalah seorang fotografer amatiran tapi hasil foto yang memiliki judul back to nature ini mampu dinyatakan sebagai finalis lomba foto di kantor saya. Sepertinya sih, para juri sangat terkesan dengan raut ekspresi si kerbau. Terima kasih bo.........ups.....kebo maksudnya......

Tidak ada komentar: