Jumat, 15 Juni 2012

Raden Saleh dan Awal Seni Lukis Modern Indonesia

Pameran lukisan Raden Saleh diadakan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, lokasi galeri ini mudah ditemukan karena tepat berada di seberang stasiun kereta api Gambir. Pameran lukisan yang diselengarakan pada tanggal 3-17 Juni 2012 ini hasil kerja sama pihak Goethe Institut dengan Galeri Nasional Indonesia dan Kedutaan Jerman (merupakan bagian dari kegiatan JERIN-Jerman dan Indonesia). Tiket masuk pameran ini: Rp. 0, alias gratis.

Raden Saleh (1811-1880) merupakan salah satu maestro lukisan pertama dari Indonesia yang mengenyam pendidikan di Eropa. Ia tinggal selama lebih dari 25 tahun di negara Belanda, Jerman, Perancis dan Italia, sehingga ia membawa pemahaman baru mengenai seni visual ke tanah airnya, meskipun karya-karyanya tetap berakar kuat di dalam kebudayaan Jawa. Di dalam pameran lukisan ini, ditampilkan 40 lukisan cat minyak dan sketsa pensil karya Raden Saleh dan disertai pertunjukan multimedia mengenai kehidupan dan karya sang maestro sehingga memberikan kesempatan kepada audiens merasakan pengalamannya di Eropa dan Jerman. Pameran ini juga mengintegrasi reproduksi karya-karyanya-terutama lukisan dari koleksi-koleksi di Eropa- yang tidak dapat dibawa ke Indonesia. Sebagai salah satu contohnya, pada tahun 1847, lukisan Raden Saleh dengan judul Berburu Rusa (239 cm x 346 cm) dibeli oleh Raja Louis-Philippe dari kerajaan Perancis.

Semoga pameran lukisan ini dapat membangkitkan semangat para pelukis Indonesia untuk mengembangkan talenta-nya dan tidak takut untuk mengembangkan sayapnya ke dunia internasional, sebab sang maestro Raden Saleh telah menjadi teladan dalam mengembangkan talenta melukis dan berhasil menjalin hubungan yang baik dengan Raja-Raja wilayah Eropa di awal abad 19.


Judul: Mengintai, Tahun: 1849
Judul: Penangkapan Diponegoro, Tahun: 1857



Tidak ada komentar: