Minggu, 03 Agustus 2008

Ada Apa dengan Pattaya?


Kota Pattaya dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan dengan menggunakan alat transportasi bis yang berangkat dari terminal bis Ekamai, Bangkok. Salah seorang teman saya, Chris, pernah berkunjung ke pantai-pantai yang terdapat di kota Pattaya. Ia pernah berkata kepada saya: the beaches aren't recommended for Indonesian people to visit! Mengapa ia berkata begitu? Menurutnya, Indonesia memiliki banyak pantai yang lebih menarik dibandingkan dengan pantai-pantai yang terdapat di Pattaya. Salah satu contohnya, ia terkesan pada ombak yang terdapat di pantai Kuta, Bali, dimana ia bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk surfing.
Namun karena penasaran, maka pada saat ada kesempatan, saya pun pergi berkunjung ke sana. Ternyata setelah menghabiskan waktu selama 2 jam di dalam bis yang saya habiskan untuk tidur, tibalah saya di terminal bis kota Pattaya. Untuk mencapai pantai Pattaya, saya harus menyambung naik angkot dan membayar ongkos sebesar 30 baht per orang. Ketika saya menjejakkan kaki di pantai tersebut, saya baru dapat memahami mengapa teman saya, Chris, tidak merekomendasikan saya sebagai orang Indonesia untuk datang berkunjung ke sana. Pantainya berpasir halus dan jarak pantai dengan laut hanya selebar 10 meter! Coba bandingkan dengan pantai Kuta di Bali yang dapat dipergunakan untuk bermain volly atau bahkan bermain bola tanpa ada kekuatiran bahwa bola akan melayang ke tengah laut dan para peselancar tidak dapat bermain ombak di pantai Pattaya.
Maka saya pun heran, mengapa pantai Pattaya yang terletak di utara dan pantai Jomtien yang terletak di selatan begitu terkenal di dunia pariwisata? Namun, saya pun akhirnya menemukan jawabannya. Ternyata kota Pattaya sangat terkenal dengan kehidupan malamnya, dan walaupun saya berkunjung ke sana pada siang hari bolong, tampak berjalan hilir mudik para wanita lokal yang berpakaian serba minim dan bergaya menggoda para turis asing yang lewat di beberapa gang yang terletak di antara toko makanan dan pakaian. Suasana tersebut, terus terang, membuat saya merasa tidak nyaman, dan untunglah rencana untuk menginap di kota Pattaya tidak pernah terlintas di benak saya. Setelah mencoba makanan laut yang nikmat di salah satu restoran di pantai Jomtien, saya pun mencegat angkot yang akan mengantarkan saya ke terminal bis, saya akan segera kembali ke Bangkok!

Tidak ada komentar: