Selasa, 12 Agustus 2008

Bertemu dengan Nemo


Tanah Minahasa memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk menarik banyak wisatawan asing datang berkunjung. Salah satunya adalah taman laut Bunaken yang terletak di sebelah utara kota Menado. Bagi mereka yang memiliki hobi menyelam atau snorkeling, pastinya nama Bunaken tidak asing lagi, sebab taman laut ini termasuk dalam top 10 tempat menyelam terpopuler di dunia.

Pada saat ada kesempatan berkunjung ke sana, tentulah tidak lengkap bila tidak mencoba terjun ke dalam laut untuk mengagumi terumbu karang dari dekat. Saya dan teman-teman memberanikan diri untuk mencoba snorkeling dengan menyewa peralatan snorkel dan pelampung berwarna orange terang. Tadinya saya sempat ketar-ketir juga, sebab walaupun bisa berenang dan telah memakai pelampung, saya sempat merasa takut dengan kedalaman laut di bawah perahu. Perahu yang kami tumpangi berhenti di tengah laut, dan mulailah teman-teman saya yang mayoritas berjenis kelamin wanita menceburkan diri ke dalam air laut berwarna biru gelap.

Pada saat saya telah menggabungkan diri berenang dalam air laut, saya pun memakai kacamata snorkel dan mulai terpesona dengan keindahan terumbu karang yang tepat berada di bawah kaki. Setelah dapat menyesuaikan diri dengan peralatan snorkel, saya pun memisahkan diri dari rombongan teman seperjuangan dan berenang lebih ke tengah laut. Di sana terlihat seekor ikan berwarna orange dan garis putih di sekitar tubuhnya. Ikan ini mengingatkan saya pada tokoh utama film animasi Walt Disney berjudul Finding Nemo. Hi Nemo! kata saya dalam hati sambil tetap memperhatikan ikan tersebut berenang mendekati terumbu karang.

Pengalaman berenang di tengah laut dan melihat terumbu karang yang sangat indah, merupakan hal yang tidak ingin dilupakan. Semoga kelestarian taman nasional Bunaken tetap dapat terjaga sehingga semakin banyak orang dapat mengagumi salah satu keindahan alam laut Indonesia.Amin.

Tidak ada komentar: